Workshop Penulisan Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dilaksanakan oleh dosen. Dengan kegiatan ini dosen dapat memberikan manfaat langsung kepada masyarakat, menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat, memperluas jejaring dan meningkatkan softskill. Salah satu luaran yang diminta dari kegiatan PKM ini adalah artikel yang dipublikasikan di jurnal, media cetak atau media online. Hal ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang apa saja kegiatan yang bisa dilakukan oleh dosen Prodi Teknik Mesin dan sekaligus menjaring masukan apabila ada permasalahan yang terkait dengan kegiatan tersebut.

Pada hari Kamis, tanggal 10 Juni 2021 Tim Pengembang Prodi Teknik Mesin Bidang Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat telah menyelenggarakan Workshop Penulisan Jurnal PKM kepada dosen Prodi Teknik Mesin. Mengingat masih dalam kondisi pandemi maka kegiatan workshop dilakukan secara daring. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan ketrampilan dosen dalam menulis arikel di jurnal khususnya jurnal PKM.

Sebagai pembicara workshop adalah Ibu Dra. Edi Tri Astuti, M.Eng (Chief Editor GARDA, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) yang mengupas tentang penulisan jurnal PKM dari pemilihan Judul sampai dengan Daftar Pustaka, dengan cara mensimulasikan satu contoh artikel terbitan jurnal perdana, dilanjutkan dengan bahasan berbagi tips tentang bagaimana mengolah data kegiatan PKM. Bertindak sebagai pemandu acara yang juga redaksi pelaksana jurnal GARDA adalah Ibu Nailul ‘Atifah, S.T., M.Eng.

Kegiatan workshop ini berjalan cukup lancar diselingi dengan adanya beberapa pertanyaan yang diajukan peserta atau cerita pengalaman tentang sulitnya menulis jurnal PKM.