Penyelenggaraan 1st International Conference oleh Program Studi studi Teknik Mesin Universitas Pamulang

Sabtu hingga Minggu, 18-19 September 2021, Program studi Teknik Mesin Universitas Pamulang menyelenggarakan seminar internasional secara virtual dengan mengambil tema “1st International Conference on Mechanical Construction, Advanced Material, and Energy Convertion”. Acara ini terasa istimewa bagi keluarga besar Prodi Teknik Mesin mengingat waktu pelaksan seminar masih dalam masa pemulihan pasca pandemi covid-19. Tentu saja bukan hal mudah untuk dapat mewujudkan acara yang pada awalnya digagas olehDr. Ir. Djuhana, M.Si kepala program studi teknik mesin yang saat ini telah purna tugas. Pada akhirnya persiapan panjang tersebut terbayar dengan terlaksananya acara seminar dengan lancar.

Acara ini terselenggara atas kerjasama Universitas Pamulang dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Universitas Kebangsaan Malaysia, dan Institute of Industrial ScienceThe University of Tokyo.Secara berurutan, acara dibuka oleh Eka Margianti Sagimin, S.S, M.Pd selaku MC dilanjutkan dengan doa oleh Abdul Choliq, S.T., M.T., diikuti sambutan oleh Adimas Wicaksana, B.Eng., M.Sc selaku ketua pelaksana seminar dan disambung oleh Nur Rohmat, S. T., M.T. selaku kepala program studi Teknik Mesin Universitas Pamulang.

Pada hari pertama pelaksanaan seminar virtual, acara dibuka oleh rektor Universitas Pamulang Dr. E. Nurzaman AM, M.M., M.Sc. Selanjutnya acara dipandu oleh moderator Syaiful Bakhri, S. T., M.Eng. Sc, Ph.D Hadir sebagai Keynote speaker adalah Dr. Laksana Tri Handoko, M.Sc (Head of National Research and Innovation Agency)yang memaparkan tema Introduction to National Research and Innovation Agency ang the Future of R&D in Indonesia, dilanjutkan oleh Invited Speaker sebanyak tiga speaker secara berurutan Prof. Fu-Jen Wang Ph. D (Distinguished Professor National Chin Yi University of Technology) yang memaparkan tema Energy-efficient Cleanroom Facilities for High-tech Industrial Buildings in Science Parks of Taiwan,Jumril Yunas, Ph. D, (Associate Professor Universiti Kebangsaan Malaysia) dengan paparan berjudul Electromacnetic (EM) Micro-Pump for Biomedical Application, dan terakhir adalah Dr. Eng. Muhammad Aziz (Associate Professor University of tokyo) dengan tema Establishing a Sustainable and Clean Future Energy System.

Pada hari kedua penyelenggaraan seminar dilaksanakan season pemaparan lebih dari 30 judul paper yang kirim oleh beberapa author, baik dari Universitas Pamulang, maupun lembaga pemerintah seperti BATAN maupun paper dari Universitas lain, di antaranya Institut of Industrial Science-The University of Tokyo, National Chin-Yi University of Technology Taichung, Universitas sumatera Utara, dan Universitas Kebangsaan Malaysia.

Tema-tema yang diangkat oleh pembicara sangat menarik dan mengundang antusiasme lebih dari 800 peserta terdiri dari mahasiswa dan dosen. Seminar virtual terasa istimewa karena diliput Sasmitha Jaya TV (SJTV) yang merupakan televisi berbasis pendidikan yang menjadi kebanggaan Universitas Pamulang.

Kontributor: Abdul Choliq (dosen Teknik Mesin Universitas Pamulang).