Pelatihan Pembacaan Alat Ukur Dimensi Jangka Sorong dan Mikrometer Skrup Untuk Pengukuran Teknik Di SMK Sasmita Jaya 2, Pamulang Barat, Kota Tangerang Selatan

Kegiatan Laboratorium Pemesinan merupakan salah satu kegiatan di jurusan Teknik SMK Sasmita Jaya 2 Pamulang Barat, Kota Tangerang Selatan yang dalam pelaksanaannya didukung adanya fasilitas laboratorium dan bengkel yang cukup memadai. Materi kegiatan yang diajarkan kepada siswa berupa berbagai jenis ketrampilan, diantaranya adalah keahlian di bidang pengukuran. Oleh karena itu untuk dapat menghasilkan suatu ukuran yang sesuai dengan yang diinginkan, perlu keahlian dalam mengoperasikan pemesinan, dan keahlian dalam melakukan pengukuran khususnya pengukuran dimensi. Penerapan teknik pengukuran dimensi yang benar dapat memberikan ketepatan dan ketelitian kualitas produksi.
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dengan judul “Pelatihan Pembacaan Alat Ukur Dimensi Jangka Sorong Dan Mikrometer Sekrup Untuk Pengukuran Teknik di SMK Sasmita Jaya 2, Pamulang Barat, Kota Tangerang Selatan” dipilih sebagai judul PkM dengan harapan bisa memberikan solusi dan menjawab permasalahan di jurusan Teknik SMK Sasmita Jaya 2, Pamulang Barat, Kota Tangerang Selatan. Kegiatan ini sudah dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 16 Juni 2021 di SMK Sasmita Jaya 2, Pamulang Barat, Kota Tangerang Selatan,secara tatap muka dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, diikuti sebanyak 18 siswa jurusan Teknik Pemesinan. Dalam pelaksanaannya yang bertanggung jawab dalam kegiatan ini ada empat orang dosen dan dua orang mahasiswa dari Prodi Teknik Mesin Universitas Pamulang dan seorang dosen dari Prodi Teknik Kimia Universitas Pamulang. Secara keseluruhan ada empat tahap kegiatan, yaitu: 1. Tahap Pre-Test, 2. Tahap Penyampaian Materi, 3. Tahap Praktek dan Diskusi dan 4. Tahap Post-Test. Setelah penyampaian materi selesai, siswa dibagi dalam beberapa kelompok untuk mempraktekkan penggunaan alat ukur jangka sorong dan mikrometer sekrup untuk mengukur benda uji standar (Gauge Block). Tipe jangka sorong yang digunakan adalah analog dengan ketelitian 0,05 mm dan 0,02 mm, dan mikrometer sekrup dengan ketelitian 0,01 mm.
Tujuan dari kegiatan PkM ini adalah untuk memberikan wawasan ilmu pengetahuan dan meningkatan keahlian siswa yang berkaitan dengan teknik pengukuran dimensi dan secara khusus penggunaan alat ukur jangka sorong dan mikrometer sekrup. Diharapkan setelah pelatihan ini maka dapat meningkatkan kompetensi dalam bidang teknik permesinan, meningkatkan kemampuan dalam penggunaan jangka sorong dan mikrometer sekrup, yang nantinya bisa bermanfaat untuk dipraktekkan di dunia kerja.